Karakter Pembaca pada media online diantaranya adalah
- Menilai situs dalam seperduapuluh detik!
- Melihat, pindai, baru membaca
- Sekitar 80% memindai (melihat dari kiri atas ke kanan), lalu gambar, grafis, desain.
- Umumnya ingin membaca tulisan di internet secara cepat –pembaca judul dan lead.
- Pertama kali melihat teks (78%), bukan foto atau grafik.
- Secara umum, user pertama kali tertarik pada judul, ringkasan tulisan, atau caption.
- Tidak membaca kata per kata, tetapi lebih banyak memindai (scan) (79%, hanya 16% yang membaca kata per kata) tampilan situs, terutama kata-kata yang di-highlight, jenis huruf berbeda, penyajian dengan butir-butir (numerik/bullet/numbering).
- Lebih menyukai judul yang tepat pada sasaran (straightforward) dibandingkan judul yang lucu atau cantik.
- Membaca ringkasan atau tulisan pendek --karena membaca di layar monitor komputer 25% lebih lambat dibandingkan membaca media cetak.
- Tidak berlama-lama di satu situs. User tidak sabaran, memiliki wewenang penuh untuk pindah atau tetap di satu situs.
- Kunjungan selama 10 menit sudah termasuk lama.
- Daya tahan mata di depan layar monitor terbatas.
No comments:
Post a Comment